Layanan hosting nantinya akan menjadi ‘rumah’ bagi website Anda di internet. Karenanya, Anda perlu ekstra hati-hati sebelum menentukan pilihan. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Enam cara memilih web hosting terbaik bisa Anda dapatkan dalam ulasan kami kali ini.

Pertama-tama Anda harus mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu. Kami mengerti bahwa mengetahui kebutuhan sendiri memang terkadang tidak mudah. Saran kami, fokuslah pada apa yang menjadi prioritas Anda terlebih dahulu. Untuk membantu Anda, daftar pertanyaan di bawah ini bisa Anda jadikan acuan.

  • Platform apa yang nantinya akan Anda gunakan untuk membuat website?
  • Seperti apakah nantinya konten website Anda? (akankah lebih banyak video, konten gambar dengan resolusi tinggi, ataukah gambar animasi dan sebagainya)
  • Dari manakah pengunjung website Anda akan datang?
  • Seberapa sering Anda melakukan dan memerlukan backup data?
  • Apa saja layanan tambahan yang Anda butuhkan? Jumlah Addon Domain hingga Email Hosting dapat Anda pertimbangkan.
  • Apakah support 24 jam, live chat dan telepon Anda butuhkan, atau hanya melalui email sudah mencukupi?

Ingat, ini adalah langkah cara memilih web hosting untuk website Anda. Poin pertanyaan di atas dapat Anda jadikan acuan dasar sebelum membeli hosting.

Jika sudah mengetahui apa yang Anda butuhkan, Anda dapat mulai mencari informasi web hosting murah Indonesia terbaik di mesin pencari. Langkah ini memang terdengar mudah, namun banyaknya rekomendasi layanan dapat membingungkan Anda. Oleh karena itu, kami berikan ulasan singkat cara memilih web hosting terbaik untuk website Anda.

Apa Saja yang Perlu Anda Cek Sebelum Memilih Layanan Hosting?

1. Kualitas Performa Sever

Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda perlu mengetahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu. Ini adalah hal paling utama yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai kesuksesan Anda di dunia online terhambat hanya karena website yang sulit diakses, atau segudang permasalahan teknis layanan hosting lainnya.

Ada banyak parameter yang bisa Anda lihat. Misalnya, lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pelanggan Anda berada. Apabila Anda ingin membuat website dengan calon pelanggan dari Indonesia, akan lebih baik apabila server website Anda juga berada di Indonesia.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting Anda. Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).

Anda dapat mencari informasi spesifikasinya pada website layanan web hosting yang Anda inginkan. Jika Anda menemukan kesulitan, segera tanyakan ke bagian Customer Support layanan yang bersangkutan

2. Customer Support 24 Jam dan Berkualitas


Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan layanan hosting yang memiliki tim Customer Support berkualitas.

Idealnya tim Customer Support layanan hosting Anda harus tersedia 24 jam. Ini artinya, mereka selalu siap sedia kapanpun Anda membutuhkan bantuan teknis. Tidak hanya siap sedia, mereka juga harus mampu menyelesaikan permasalahan Anda dengan baik. Tingkat keramahan serta sopan santun petugas Customer Support adalah parameter utama yang perlu Anda jadikan perhatian di sini. Tentu Anda ingin diperlakukan dengan baik, bukan?

Kemudian, perhatikan juga melalui cara apa Anda dapat menghubungi mereka. Layanan yang baik pasti menyediakan banyak cara komunikasi untuk Anda seperti tiket bantuan, email, live chat, maupun panggilan telepon.

Ada banyak layanan hosting tersedia di luar sana, namun tidak semua layanan hosting memiliki tim Customer Support yang baik. Jika Anda menemukan layanan yang bisa mengakomodasi Anda seperti ini, jangan ragu lagi untuk menggunakan layanan mereka.

3. Harga Terjangkau dan Unlimited


Ketika memilih layanan web hosting, pastikan Anda mendapatkan harga terbaik. Harga yang Anda bayarkan idealnya sesuai dengan paket maupun layanan yang Anda gunakan. Jangan sampai, misalnya, Anda harus membayar terlalu mahal untuk layanan serupa di perusahaan penyedia layanan lain.

Anda dapat membandingkan rincian spesifikasi maupun jenis paket antar layanan hosting berikut harganya. Tentu saja, perbandingan ini sebaiknya bersifat apple to apple. Level harga yang lebih tinggi biasanya menawarkan jenis paket serta performa yang lebih baik.

Contohnya di sini adalah VPS (Virtual Private Server). Layanan VPS memiliki kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan paket hosting unlimited. Mengapa? Layanan VPS menawarkan spesifikasi teknis yang lebih memadai, sehingga performa yang dihasilkan dapat menjadi jauh lebih baik.

Di sisi lain, ada penyedia layanan yang menetapkan harga sangat murah. Harga murah memang baik adanya, namun tidak selamanya lebih baik. Untuk apa memilih layanan yang murah tapi tidak memiliki kualitas layanan yang baik?

Karenanya, kami menyarankan agar Anda benar-benar memperhatikan layanan yang Anda gunakan. Pastikan Anda mendapatkan harga terjangkau, namun tetap memperoleh layanan hosting terbaik.

4. Garansi Uang Kembali


Garansi uang kembali adalah fasilitas terbaik yang bisa diberikan oleh perusahaan penyedia layanan hosting. Artinya, si penyedia layanan di sini menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan.

Dari sudut pandang pelanggan, adanya fasilitas ini tentu sangat menggembirakan. Bayangkan, penyedia layanan hosting memberikan jaminan kepuasan kepada Anda. Jika Anda tidak puas dengan layanan mereka, Anda bisa melakukan klaim dan uang Anda akan dikembalikan.

Hampir setiap penyedia layanan hosting memiliki kebijakan ini. Hanya saja, syarat dan ketentuan yang ditetapkan bisa berbeda-beda. Hendaknya Anda memilih layanan dengan syarat serta ketentuan yang tidak menyesatkan. Setidaknya Anda harus mengetahui:


  • Berapa nominal yang nantinya Anda dapatkan?
  • Bagaimana sistem pengembalian uangnya?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga uang kembali kepada Anda?


Apabila keterangan yang diberikan masih kurang jelas, Anda perlu menanyakannya melalui tim support penyedia layanan hosting yang Anda gunakan. Apabila Anda tidak juga mendapatkan kejelasan, dan adanya fasilitas ini malah cenderung mengarah ke penipuan, mungkin akan lebih baik apabila Anda beralih ke layanan hosting lain.

Ingat, ini adalah jaminan kepuasan Anda. Adanya fasilitas ini seharusnya dapat membuat Anda merasa lebih aman memercayakan bisnis berikut data website Anda, dan bukan malah membuat Anda semakin ragu 😉

5. Fitur Tambahan

Selain fitur utama, Anda perlu mempertimbangkan fitur tambahan yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan hosting Anda. Ada banyak fitur yang biasanya disediakan. Saking banyaknya, bisa jadi Anda kurang fokus mengecek serta memilah fitur apa yang sebaiknya Anda pertimbangkan.

Biar kami beritahukan kepada Anda, Anda perlu memperhatikan fitur tambahan yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan. Misalnya, Anda memerlukan fitur SpamAssassin Protection serta SpamExperts. Fitur ini nantinya akan membantu Anda mengatasi spam pada website Anda dengan lebih mudah.

Selain itu, masih soal keamanan, Anda perlu memasang BitNinja Smart Security. Ini adalah tool yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan server Anda dari serangan botnet, malware, maupun hacker. Tanpanya, website Anda bisa jadi lebih rentan terhadap serangan.

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan ketersediaan fitur lain yang mungkin Anda butuhkan pada website. Misalnya, jika Anda ingin lebih mudah membangun website, Anda bisa menggunakan fitur tambahan Website Builder. Atau mungkin Anda ingin menginstal tool serta plugin tanpa kerepotan? Anda dapat menggunakan Softaculous Auto Installer, misalnya.

Masih banyak lagi fitur tambahan yang dapat disediakan oleh suatu perusahaan penyedia layanan hosting. Untuk informasi lebih lengkap, tentu Anda dapat menanyakannya secara langsung pada Tim Support perusahaan yang bersangkutan.

6. Review Pelanggan


Sebelum memutuskan layanan apa yang ingin Anda gunakan, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan pendapat orang lain. Dalam hal ini, Anda perlu melihat review dari pelanggan lain.

Ada banyak sumber yang bisa Anda telusuri, mulai dari blog hingga forum, guna mendapatkan ulasan mengenai suatu layanan hosting. Tidak semuanya obyektif, tentu saja. Anda perlu sedikit berhati-hati di sini, karena banyak yang hanya ingin memanfaatkan rasa ingin tahu Anda demi mengeruk keuntungan pribadi. Saran kami, hanya baca ulasan dari blog dan forum terpercaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih obyektif.

Kelebihan dan kekurangan adalah kuncinya. Anda dapat menyimak kelebihan serta kekurangan, berdasarkan pengalaman mereka, suatu layanan hosting dari sudut pandang pengguna lain. Kemudian, refleksikan kepada diri Anda, bagaimana jadinya jika Anda mengalami hal serupa. Ini adalah cara efektif menakar baik atau buruk suatu layanan berdasarkan ulasan orang lain.

Sudah siapkah Anda mencari ‘rumah’ terbaik bagi website Anda? Semoga adanya ulasan enam poin utama di atas dapat membantu Anda menemukan paket hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda memiliki pengalaman dan ingin berbagi mengenai cara memilih web hosting terbaik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: